Categories
Main

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Penulis Pemula


Penulis pemula, mungkin itulah sebuah istilah yang sangat tepat disematkan bagi seseorang yang masih baru belajar untuk menulis. Menulis memang merupakan sebuah hobi, sekaligus menulis adalah sebuah keahlian yang kini mulai banyak ditekuni oleh beberapa kalangan masyarakat, khususnya pada saat sekarang ini. Tidak tanggung-tanggung berdasarkan dengan informasi yang sempat ada di salah satu forum menulis di beberapa blog agen sbobet terpercaya , disampaikan jika saat ini kegiatan belajar atau kursus menulis banyak dilakukan dengan cara memanfaatkan media-media sosial, seperti salah satunya grup WA.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Penulis Pemula

Hal ini mengindikasikan jika menulis memang sebuah hobi yang cukup asik di tekuni. Anda bisa lihat, dengan cara memasukan beberapa beberapa kata kunci di mesin pencari Google, anda sudah bisa mendapatkan ratusan bahkan juga ribuan artikel yang telah membahas topik yang sedang anda cari. Itu semua berasal dari mereka yang memang hobi dalam menulis.

Baik mereka yang suka menulis di medsos, maupun tulisan yang mereka buat menjadi sebuah e-book dan kemudian di gunggak di salah satu situs yang telah dikelola secara pribadi. Kemudian tulisan tersebut bisa menjadi sebuah karya yang dikenal hingga hingga seantero jagad dan banyak orang yang ingin mengetahui karya tersebut.

Mudah apa sulit menjadi seorang penulis ?

Menjadi seorang penulis tentu bukanlah sebuah hal yang mudah, tetapi bukan juga merupakan sebuah hal yang sulit untuk dapat di lakukan oleh seseorang. Menjadi seorang penulis dalam menulis blog, yang terpenting adalah mampu menyajikan berbagai informasi yang bermanfaat bagi semua pembaca. Tidak perlu Anda membingungkan apakah nanti tulisan ini akan dibaca ataupun tidak.

Namun, untuk dapat menghasilkan sebuah tulisan yang dapat melangkah ke arah yang lebih baik dan agar nantinya para pembaca semakin nyaman membaca tulisan tersebut, ada beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan di antaranya :

1. Jangan malas membaca

Hal tersebut memang demikian adanya, jika anda mencari informasi yang sama, pastinya anda akan menemukan langkah yang sama seperti yang akan kita bahas pertama ini. Karena membaca memang merupakan sebuah modal dasar dalam membuat tulisan. Ibaratnya tulisan tersebut adalah sebuah produk, maka nantinya dengan membaca, anda sudah mendapatkan bahan baku yang harus Anda siapkan. Bila bahan baku Anda dirasa belum cukup dan bahkan lebih, maka tentu produksi yang akan Anda lakukan dapat melimpah ruah.

Bacalah buku-buku yang memang Anda sukai, dengan begitu dapat menjadi motivasi Anda juga untuk bisa membaca, dan kemampuan anda akan terus bertambah. Dengan semakin banyaknya buku yang akan Anda baca, maka tentu Anda akan memiliki beberapa gaya penulisan dan bahan untuk dapat menulis yang lebih banyak dan juga lebih baik lagi. Seperti kata orang yang sudah sukses, semakin sering anda membaca maka semakin bertambah juga kosakata miliki anda. Jika kosakata yang anda miliki sudah banyak, maka anda tidak akan kehabisan ide lagi ketika anda menulis, dan tulisan Anda pun juga akan mengalir.

2. Tulis apa yang Anda ketahui dan alami

Mengapa dengan demikian ? Jelas karena dengan menulis apa yang kita ketahui maka tentunya akan lebih mudah, bahkan anda tidak akan terkesan dangkal dalam menceritakan hal tersebut. Anda juga bisa menjadi tuan untuk tulisan-tulisan anda nantinya. Menulis apa yang sudah kita ketahui akan membuat anda lebih nyaman dalam menulis. Atas kenyamanan itu semua maka Anda tidak akan terbebani ketika anda sedang menulis. Mulai sekarang biasakan diri anda untuk menceritakan kembali apa yang anda ketahui ke dalam sebuah tulisan, dan bagikan dengan sesama apalagi jika tulisan anda tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

3. Sering sharing sesama penulis

Yang namanya berbagi tentunya akan banyak hal yang akan dapat diperoleh. Salah Satunya adalah ilmu dengan Anda bercerita dengan penulis lain yang sudah berpengalaman maka Anda juga akan bisa meniru bagaimana gaya penulisanya.

3. Segera tulis apa ide yang Anda miliki

Setiap orang pastinya akan memiliki sebuah ide atau gagasan. Menuangkan sebuah ide akan sangat bermanfaat bagi anda dan juga orang lain. Siapa tahu ide anda nantinya bisa menginspirasi orang lain, asalkan ide yang anda tulis tersebut adalah hal-hal yang positif.

Mungkin anda memiliki ide dalam mengembangkan bisnis dengan menggunakan modal kecil, atau juga bisa ide dalam membuat kegiatan pembelajaran bagi anak sekolah. Jadi, apapun yang ada di benak Anda, jika hal tersebut masih sebatas ide, coba saja untuk ditulis. Dengan begitu tulisan yang akan Anda sajikan dapat lebih unik dan menarik untuk dibaca.

4. Tidak Mudah Putus Asa

Jangan mudah putus asa jika nantinya naskah anda atau tulisan anda ditolak. Karena apa ? Karena tidak sesuai dengan tema naskah yang dicari oleh sang penerbit. Jika ditolak oleh penerbit A, maka belum tentu naskah anda ditolak juga oleh penulis B. Maka dalam hal ini anda jangan langsung putus asa, jika tulisan anda ditolak atau kurang diminati. Justru nantinya penolakan-penolakan tersebut dapat membuat anda belajar untuk menulis dan juga memperbaiki tulisan-tulisan anda yang lain.

5. Biar Tidak Mati Ide

Menurut Endik Koeswoyo, hal yang harus anda lakukan juga adalah yakin! Anda harus yakin ketika anda nantinya menemukan ide dan gagasan anda untuk menuliskan sebuah ide. Kedua adalah ritme, ritme penulisan yang anda buat harus benar. Intinya hilangnya ide dikatakan sebuah pola penulisan yang salah. Misalnya saja, kita sehari semalam menghadapi komputer untuk menulis. Tentunya ide akan habis. Maka caranya Jika satu novel setebal 150 halaman harus selesai di dalam 1 bulan. Jika sehari anda menulis 10 halaman, maka di dalam 15 hari saja novel tersebut akan selesai.

Kapan nantinya akan menulis? Bangun tidur 3 halaman lalu kemudian mandi dan lanjut menulis lagi 2 halaman, selanjutnya anda dapat beraktivitas. Seperti main, sekolah, belajar dan lain sebaginya. Mau tidur 5 halaman. Selesailah 10 halaman dalam waktu 24 jam. Ketiga saat anda menulis lalu kemudian blank, yang anda harus lakukan adalah berhenti menulis dan kemudian baca ulang catatan yang pernah anda buat soal ide-ide sadar dari cerita anda tersebut. Jika masih blank juga, lakukan beberapa aktivitas lain. Keempat: Mengunci ide dalam pikiran anda sendiri, ide datangnya bisa kapan saja. Namun jika ide datang bertubi-tubi? Lupakan yang lain dan fokuskan diri anda pada satu ide yang akan anda tulis.

Sebenarnya masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh anda sebagai penulis pemula. Yang terpenting dari semua itu sebenarnya adalah kemampuan untuk belajar. Semakin anda sering belajar, maka semakin baik juga hari karya Anda. Menjadi yang terbaik diantara yang terbaik mungkin bukanlah hal yang mudah, akan tetapi alangkah baiknya jika kita mampu menjadi diri kita sendiri.

Sekian itulah beberapa cara yang dapat anda perhatikan untuk menjadi seorang penulis. Dengan memperhatikan poin-poin dasar tersebut, maka anda dapat terus menulis ide-ide yang anda miliki tidak hanya itu saja, kemampuan anda menulis pun nantinya akan semakin terasah. Jadi jangan pernah takut untuk menulis. Selamat mencoba!